RPP PENGEMBANGAN TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SDN SOCAH 3
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                          :  Udara Bersih Bagi Kesehatan (Tema 2)
Sub Tema                  :  Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke       :  4
Alokasi waktu            :  3 X 35 Menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
Kompetensi
Indikator
1.2




2.2




3.2
Menghargai kewajiban, hak, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.

Memahami makna tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
1.2.1 Melakukan kewajiban, hak, dan
tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.

2.2.1 Menerapkan sikap tanggung jawab
dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

3.2.1 Mengetahui makna tanggung jawab
sebagai warga masyarakat.


4.2 
Mengambil keputusan bersama tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2.1 Mengikuti pelaksanaan pengambilan
keputusan dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
2.2

Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
2.2.1 Menjelaskan Informasi pada teks
terkait dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana.
4.2
Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana menggunakan kosakata baku.
4.2.1 Menuliskan Informasi pada teks
terkait dengan pertanyaan apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana yang didapat dari buku.

Muatan : IPS
No
Kompetensi
Indikator
3.3





Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

3.3.1 Identifikasi Jenis-jenis usaha dan
Kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang jasa.
4.3 
Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan
kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
4.3.1 Menyajikan hasil karya satu produk
unggulan dari daerah setempat.

C.     TUJUAN
1.      Dengan membaca teks dalam buku, siswa dapat menjelaskan informasi terkait pertanyaan apa, di mana, dan bagaimana.
2.      Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca informasi, siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia dalam bidang jasa.
3.      Dengan melakukan presentasi, siswa dapat menyajikan satu produk unggulan dari daerah setempat yang merepresentasikan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat setempat.
4.      Dengan melakukan presentasi, siswa dapat menceritakan hasil pe-ngamatannya atas pelaksanaan pengambilan keputusan dalam  pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat.










D.    MATERI
1.      Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.
2.      Teks bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem”.
    

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning tipe STAD
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan     
              Ceramah
F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2.      Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a adalah ketua kelas.
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita.
4.      Guru menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu “Udara Bersih Bagi Kesehatan”
5.      Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran hari ini.
6.      Melakukan apersepsi pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
    Apa yang tergambar pada sampul buku.
    Apa judul buku
    Kira-kira ini menceritakan tentang apa
10 menit






Inti
A.    Ayo Membaca
       Siswa diberi pertanyaan tentang jenis-jenis usaha yang telah dipelajari pada Pembelajaran 3. Selanjutnya siswa diberi pertanyaan tentang jenis usaha lain selain yang telah dipelajari.
       Guru menunjukkan dan menjelaskan media jenis-jenis usaha  dan kegitan ekonomi di Indonesia. Selanjutnya siswa mengamati media dan melakukan tanya jawab.
       Siswa membaca teks bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem”. Guru dapat meminta siswa membaca teks bacaan tersebut secara berantai.
       Guru membagi siswa menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok berisi 4-5 siswa. Selanjutnya siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.
       Siswa menjawab pertanyaan seperti tertulis dalam Buku Siswa. Dengan pertanyaan ini diharapkan siswa dapat terstimulasi untuk mengidentifikasi jenis usaha lain.
       Guru membimbing dan memotivasi siswa jika ada materi yang tidak di pahami. Selanjutnya siswa bertanya jika ada materi yang belum dipahami.
       Guru memfasilitasi perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Selanjutnya perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
       Siswa membaca tes bacaan “ Jenis Usaha Bidang Jasa”.
Hasil yang Diharapkan:
        Sikap cermat dan teliti saat membaca teks bacaan.
        Pengetahuan jenis-jenis usaha dan kegiata ekonomi masyarakat (IPS KD 3.3).
B.     Ayo Menulis
       Siswa mempresentasikan hasil kegiatan wawancara berbagai usaha dan kegiatan ekonomi di lingkungan sekolah. Kelompok lain memberikan pendapat. Kegiatan ini diakukan bergantian. (IPS KD 3.3 dan 4.3)
       Siswa melaporkan hasil pengamatan atas pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di lingkungan tempat tinggal siswa. (PPKn KD 3.2 dan 4.2)
       Guru mengintruksikan siswa mengerjakan soal evaluasi.selanjutnya siswa mengerjakan soal evaluasi dengan mandiri.
       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dan berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual.
Hasil yang Diharapkan
        Sikap mandiri dan kerja sama dalam membuat suatu produk dan mempre-sentasikan hasilnya.
140 menit


Penutup
1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
2.      Media gambar kegiatan ekonomi di indonesia.









I.       PENILAIAN
1.      Bahasa Indonesia

Catatan:
Rubrik digunakan sebagai pegangan guru dalam memberikan umpan balik terhadap tugas peta pikiran.

2.      Penilaian Pengetahuan
Petunjuk Penilaian Soal Pilihan Ganda
Nomer Soal
Bobot Soal
1
10
2
10
3
10
4
10
5
10
6
10
7
10
8
10
9
10
10
10
Jumlah Skor Maksimal

100
Keterangan:
Jika benar mendapatkan skor 10
Jika salah mendapatkan skor 0
Penilaian N=  Skor Perolehan  x 100
                        Skor Mksimal



3.      Penilaian Sikap
Sikap
Belum Terlihat
Mulai Terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
Ket.
Teliti




Bertanggung Jawab




Disiplin








Catatan :
Skor 1  : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin belum terlihat       
Skor 2  : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin mulai terlihat
Skor 3  : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin mulai berkembang
Skor 4  : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin membudaya

4.      Penilaian Proses Diskusi
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
1.





2.





3.





4.





Keterangan:                                                               Rentan Skor:
1.      Aktivitas dalam kelompok                                    Sangat baik     : 4
2.      Tanggung jawab individu                                     Baik                 : 3
3.      Pemikiran                                                              Cukup             : 2
4.      Keberanian berpendapat                                       Kurang                        : 1

Skor Maksimal: 16


5.      Penilaian Presentasi
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Ket.
Komunikasi
Sistematika Penyampaian
Keberanian
Antusias
Penampilan
1.








2.








3.








4.








Keterangan:
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria                            Skor Maksimal : 20  
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang


























Lampiran 1. Soal Evaluasi

SOAL EVALUASI
1. Keadaan wajib menanggung segala sesuatunya disebut . . . .
a. kerukunan                       c. kepercayaan
b. tanggung jawab              d. sopan santun
2. Pak Wahyu akan berencana bertamasya ke Kebun Raya, akan tetapi warga desa akan melaksanakan gotong royong. Sebaiknya Pak Wahyu . . . .
a. berlibur saja karena sudah rencana
b. lain waktu saja ikut bergotong royong
c. menunda libur bersama keluarga
d. melapor karena tidak bisa ikut
3. Tanggung jawab penting dilakukan agar . . . .
a. tercipta kedamaian           c. terjadi kecurigaan
b. terjadi kerusuhan            d. tercipta permusuhan
4. Perhatikan tabel dibawah ini !
Bentuk tanggung jawab. Contohnya
1. Diri sendiri                      M. membantu   ibu memasak
2. Keluarga                         N. mengerjakan PR di rumah
3. Masyarakat                     O. mengibarkan bendera ketika HUT RI
4. Negara                            P. kerja bakti bersama warga desa
Pasangan yang tepat antara bentuk tanggung  jawab dan contohnya adalah . . . .
a. 1 dan P                 c. 2 dan M
b. 3 dan N                d. 4 dan O
5. Kata tanya yang digunakan untuk menanyakan tentang cara/prosedur adalah . . .
a. Apa     b. Bagaimana      c. Siapa      d. Mengapa
6.  . . . jenis usaha ekonomi di lingkungan desa ini?
 Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya diatas adalah . . . .
a. Siapa                   c. Apa
b. Mengapa             d. Bagaimana

7. Mengapa banyak warga yang terserang gangguan pernapasan?
Kalimat tanya diatas bermaksud menanyakan . . .
a. sebab       b. keadaan      c. benda      d. cara
8. Segala usaha yang dilakukan masyarakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya   disebut . . . .
 a. keperluan ekonomi          c. kebutuhan ekonomi
 b. kegiatan ekonomi          d. Usaha ekonomi
9. Perhatikan tabel hasil usaha ekonomi berikut ini.
1. Telur
2. Sayur
3. Daging
4. Minyak goreng
Hasil usaha ekonomi dibidang perternakan adalah . . . .
a. 1 dan 4                  c. 1 dan 3
b. 2 dan 3                 d. 3 dan 4
10. Kegiatan/ usaha yang mengirim barang hingga keluar negeri disebut . . . .
a. ekspor    b. impor     c. produksi    d. konsumsi


Lampiran 1. Kunci Jawaban

KUNCI JAWABAN
1.      B
2.      C
3.      A
4.      C
5.      B
6.      C
7.      B
8.      B
9.      B
10.  A



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH PROPOSAL OUTING CLASS KUNJUNGAN INDUSTRI

PROPOSAL GEBYAR LOMBA ANTAR SEKOLAH

PROPOSAL KEGIATAN MPLS