RPP PENGEMBANGAN TEMA UDARA BERSIH BAGI KESEHATAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN SOCAH 3
Kelas / Semester
:
5 /1
Tema : Udara Bersih Bagi
Kesehatan (Tema 2)
Sub Tema : Cara Tubuh Mengolah Udara
Bersih (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke :
4
Alokasi
waktu : 3 X 35
Menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PPKN
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
1.2
2.2
3.2
|
Menghargai kewajiban, hak,
dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan
sehari-hari.
Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam memenuhi kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
Memahami makna tanggung
jawab sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari.
|
1.2.1 Melakukan kewajiban,
hak, dan
tanggung jawab
sebagai warga masyarakat dan umat beragama dalam kehidupan sehari-hari.
2.2.1 Menerapkan sikap
tanggung jawab
dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2.1 Mengetahui makna
tanggung jawab
sebagai warga masyarakat.
|
4.2
|
Mengambil keputusan bersama
tentang tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.2.1 Mengikuti pelaksanaan
pengambilan
keputusan dalam
pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa.
|
Muatan : Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
2.2
|
Mengklasifikasi informasi yang didapat dari buku ke dalam aspek: apa,
di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
|
2.2.1 Menjelaskan Informasi pada teks
terkait dengan pertanyaan
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana.
|
4.2
|
Menyajikan hasil klasifikasi informasi yang didapat dari buku yang
dikelompokkan dalam aspek: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
menggunakan kosakata baku.
|
4.2.1 Menuliskan Informasi pada teks
terkait dengan pertanyaan
apa, di mana, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana yang didapat dari buku.
|
Muatan : IPS
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Menganalisis peran ekonomi dalam upaya menyejahterakan kehidupan
masyarakat di bidang sosial dan
budaya untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.
|
3.3.1 Identifikasi Jenis-jenis usaha dan
Kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
dalam bidang jasa.
|
4.3
|
Menyajikan hasil analisis tentang peran
ekonomi dalam upaya menyejahterakan
kehidupan masyarakat di bidang sosial dan budaya untuk memperkuat
kesatuan dan persatuan bangsa.
|
4.3.1 Menyajikan hasil karya satu produk
unggulan dari daerah setempat.
|
C.
TUJUAN
1.
Dengan membaca teks dalam buku, siswa dapat menjelaskan informasi
terkait pertanyaan apa, di mana, dan bagaimana.
2.
Dengan menyimak penjelasan guru dan membaca informasi, siswa mampu
mengidentifikasi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia
dalam bidang jasa.
3.
Dengan melakukan presentasi, siswa dapat menyajikan satu produk unggulan
dari daerah setempat yang merepresentasikan jenis-jenis usaha dan kegiatan
ekonomi masyarakat setempat.
4.
Dengan melakukan presentasi, siswa dapat menceritakan hasil
pe-ngamatannya atas pelaksanaan pengambilan keputusan dalam pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala
desa sebagai wujud tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
D.
MATERI
1.
Jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia.
2.
Teks bacaan “Melihat Jejak Merapi di Kaliadem”.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning tipe STAD
Metode : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Kelas dimulai
dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas
dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta
membaca do’a adalah ketua kelas.
3. Siswa diingatkan
untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi
tercapainya cita-cita.
4. Guru
menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu “Udara Bersih Bagi Kesehatan”
5. Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran
hari ini.
6. Melakukan
apersepsi pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20
menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan,
makanan/minuman sehat , cerita inspirasi dan motivasi . Sebelum membacakan
buku guru menjelaskan tujuan kegiatan
literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
●
Apa yang tergambar pada sampul buku.
●
Apa judul buku
●
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
|
10 menit
|
Inti
|
A.
Ayo Membaca
● Siswa diberi pertanyaan
tentang jenis-jenis usaha yang telah dipelajari pada Pembelajaran 3.
Selanjutnya siswa diberi pertanyaan tentang jenis usaha lain selain yang
telah dipelajari.
● Guru menunjukkan
dan menjelaskan media jenis-jenis usaha dan kegitan ekonomi di Indonesia. Selanjutnya
siswa mengamati media dan melakukan tanya jawab.
● Siswa membaca teks bacaan
“Melihat Jejak Merapi di Kaliadem”. Guru dapat meminta siswa membaca teks
bacaan tersebut secara berantai.
● Guru membagi siswa
menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok berisi 4-5 siswa. Selanjutnya siswa
berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.
● Siswa menjawab pertanyaan
seperti tertulis dalam Buku Siswa. Dengan pertanyaan ini diharapkan siswa
dapat terstimulasi untuk mengidentifikasi jenis usaha lain.
● Guru membimbing
dan memotivasi siswa jika ada materi yang tidak di pahami. Selanjutnya siswa
bertanya jika ada materi yang belum dipahami.
● Guru memfasilitasi
perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Selanjutnya perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan
kelas.
● Siswa membaca tes bacaan “
Jenis Usaha Bidang Jasa”.
Hasil yang Diharapkan:
−
Sikap cermat dan teliti saat membaca teks bacaan.
−
Pengetahuan jenis-jenis usaha dan kegiata ekonomi masyarakat (IPS KD
3.3).
B.
Ayo Menulis
● Siswa mempresentasikan hasil
kegiatan wawancara berbagai usaha dan kegiatan ekonomi di lingkungan sekolah.
Kelompok lain memberikan pendapat. Kegiatan ini diakukan bergantian. (IPS KD
3.3 dan 4.3)
● Siswa melaporkan hasil
pengamatan atas pelaksanaan pemilihan ketua RT, ketua RW, atau kepala desa di
lingkungan tempat tinggal siswa. (PPKn KD 3.2 dan 4.2)
● Guru mengintruksikan siswa mengerjakan soal evaluasi.selanjutnya
siswa mengerjakan soal evaluasi dengan mandiri.
● Guru memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dan berdasarkan
perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual.
Hasil yang Diharapkan
−
Sikap mandiri dan kerja sama dalam membuat suatu produk dan
mempre-sentasikan hasilnya.
|
140 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.
Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.
Siswa diberikan kesempatan
berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.
Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas
5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2014).
2.
Media gambar kegiatan ekonomi di indonesia.
I. PENILAIAN
1.
Bahasa Indonesia
Catatan:
Rubrik digunakan sebagai pegangan guru
dalam memberikan umpan balik terhadap tugas peta pikiran.
2. Penilaian Pengetahuan
Petunjuk Penilaian Soal
Pilihan Ganda
Nomer Soal
|
Bobot Soal
|
1
|
10
|
2
|
10
|
3
|
10
|
4
|
10
|
5
|
10
|
6
|
10
|
7
|
10
|
8
|
10
|
9
|
10
|
10
|
10
|
Jumlah Skor Maksimal
|
100 |
Keterangan:
Jika benar mendapatkan skor 10
Jika salah mendapatkan skor 0
Penilaian
N= Skor Perolehan x 100
Skor Mksimal
Skor Mksimal
3. Penilaian Sikap
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
Teliti
|
√
|
||||
Bertanggung Jawab
|
√
|
||||
Disiplin
|
Catatan :
Skor 1
: Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin belum terlihat
Skor 2
: Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin mulai terlihat
Skor 3
: Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin mulai berkembang
Skor 4
: Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin membudaya
4.
Penilaian Proses Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Kriteria
Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
Keterangan: Rentan
Skor:
1.
Aktivitas dalam kelompok Sangat baik : 4
2.
Tanggung jawab individu Baik :
3
3.
Pemikiran Cukup : 2
4.
Keberanian berpendapat Kurang : 1
Skor
Maksimal: 16
5.
Penilaian Presentasi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah
Skor
|
Ket.
|
||||
Komunikasi
|
Sistematika
Penyampaian
|
Keberanian
|
Antusias
|
Penampilan
|
||||
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
Keterangan:
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria Skor Maksimal : 20
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
Lampiran 1.
Soal Evaluasi
SOAL EVALUASI
1. Keadaan wajib menanggung segala sesuatunya disebut .
. . .
a. kerukunan c. kepercayaan
b. tanggung jawab d. sopan santun
a. kerukunan c. kepercayaan
b. tanggung jawab d. sopan santun
2. Pak Wahyu akan berencana bertamasya ke Kebun Raya,
akan tetapi warga desa akan melaksanakan gotong royong. Sebaiknya Pak Wahyu . .
. .
a. berlibur saja karena sudah rencana
b. lain waktu saja ikut bergotong royong
c. menunda libur bersama keluarga
d. melapor karena tidak bisa ikut
a. berlibur saja karena sudah rencana
b. lain waktu saja ikut bergotong royong
c. menunda libur bersama keluarga
d. melapor karena tidak bisa ikut
3. Tanggung jawab penting dilakukan agar . . . .
a. tercipta kedamaian c. terjadi kecurigaan
b. terjadi kerusuhan d. tercipta permusuhan
a. tercipta kedamaian c. terjadi kecurigaan
b. terjadi kerusuhan d. tercipta permusuhan
4. Perhatikan
tabel dibawah ini !
Bentuk tanggung jawab. Contohnya
1. Diri sendiri M. membantu ibu memasak
2. Keluarga N. mengerjakan PR di rumah
3. Masyarakat O. mengibarkan bendera ketika HUT RI
4. Negara P. kerja bakti bersama warga desa
Pasangan yang tepat antara bentuk tanggung jawab dan contohnya adalah . . . .
a. 1 dan P c. 2 dan M
b. 3 dan N d. 4 dan O
Bentuk tanggung jawab. Contohnya
1. Diri sendiri M. membantu ibu memasak
2. Keluarga N. mengerjakan PR di rumah
3. Masyarakat O. mengibarkan bendera ketika HUT RI
4. Negara P. kerja bakti bersama warga desa
Pasangan yang tepat antara bentuk tanggung jawab dan contohnya adalah . . . .
a. 1 dan P c. 2 dan M
b. 3 dan N d. 4 dan O
5. Kata tanya yang
digunakan untuk menanyakan tentang cara/prosedur adalah . . .
a. Apa b. Bagaimana c. Siapa d. Mengapa
a. Apa b. Bagaimana c. Siapa d. Mengapa
6. . . . jenis
usaha ekonomi di lingkungan desa ini?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya diatas adalah . . . .
a. Siapa c. Apa
b. Mengapa d. Bagaimana
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat tanya diatas adalah . . . .
a. Siapa c. Apa
b. Mengapa d. Bagaimana
7. Mengapa banyak warga yang terserang gangguan pernapasan?
Kalimat tanya diatas bermaksud
menanyakan . . .
a. sebab
b. keadaan c.
benda d. cara
8. Segala usaha yang dilakukan masyarakan untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya disebut . . . .
a. keperluan ekonomi c. kebutuhan ekonomi
b. kegiatan ekonomi d. Usaha ekonomi
a. keperluan ekonomi c. kebutuhan ekonomi
b. kegiatan ekonomi d. Usaha ekonomi
9. Perhatikan tabel hasil usaha ekonomi berikut ini.
1. Telur
2. Sayur
3. Daging
4. Minyak goreng
Hasil usaha ekonomi dibidang perternakan adalah . . . .
a. 1 dan 4 c. 1 dan 3
b. 2 dan 3 d. 3 dan 4
1. Telur
2. Sayur
3. Daging
4. Minyak goreng
Hasil usaha ekonomi dibidang perternakan adalah . . . .
a. 1 dan 4 c. 1 dan 3
b. 2 dan 3 d. 3 dan 4
10. Kegiatan/ usaha yang mengirim barang hingga keluar
negeri disebut . . . .
a. ekspor b. impor c. produksi d. konsumsi
a. ekspor b. impor c. produksi d. konsumsi
Lampiran 1.
Kunci Jawaban
KUNCI JAWABAN
1. B
2. C
3. A
4. C
5. B
6. C
7. B
8. B
9. B
10. A
Komentar
Posting Komentar