RPP PENGEMBANGAN TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SOCAH 03
Kelas / Semester :
4 /1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 2 : Kebersamaan dalam Keberagaman
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : (3 x 35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Muatan : BAHASA INDONESIA
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mencermati gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
Indikator
·
Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks.
·
Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap
paragraf dari teks dalam bentuk peta pikiran.
Muatan : IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya
dengan indera pendengaran.
Indikator
·
Mengidentifikasi proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi
·
Menyajikan laporan percobaan tentang sumber bunyi
Muatan : IPS
Kompetensi Dasar (KD)
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya,
etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator
·
Menjelaskan keragaman agama dan sikap toleransi dari teman-teman sebagai identitas bangsa Indonesia.
·
Mengomunikasikan
secara lisan dan tulisan keragaman agama dan sikap toleransi dari teman-teman
sebagai identitas bangsa Indonesia.
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
·
Dengan kegitan membaca, siswa mampu mengidentifikasi gagasan pokok dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan benar.
·
Dengan kegiatan membaca, siswa mampu menyajikan gagasan utama dan
gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran
dengan benar.
IPA
·
Melalui kegiatan percobaan, siswa mampu menjelskan proses terjadinya
bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan benar
·
Melalui kegiatan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan tentang
proses terjadinya bunyi dari sumber bunyi hingga ke indera pendengaran dengan
sistematis.
IPS
·
Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengalaman sikap
toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai identitas bangsa
Indonesia dengan sistematis.
·
Dengan kegiatan diskusi dan membaca, siswa mampu mengkomunikasikan
pengalaman sikap toleransi dan kerja sama antar teman berbeda agama sebagai
identitas bangsa Indonesia dengan sistematis.
D.
MATERI
·
Indera pendengaran.
·
Sumber bunyi.
·
Proses terjadinya bunyi hingga ke indera pendengaran.
·
Contoh sikap toleransi dan kerjasama antar teman berbeda agama.
E.
PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning tipe STAD
Metode :
Penugasan dan pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan
Ceramah
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
||
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam dan menanyakan kabar.
·
Mengkondisikan kelas.
·
Memberi instruksi kepada ketua kelas
untuk berdoa.
·
Mengabsen siswa
·
Memberi intruksi kepada semua siswa untuk bersorak yel-yel kelas.
·
Melakukan apersepsi dengan melakukan tanya jawab ”apa yang tergambar
dalam sampul buku? Ini menceritakan tentang apa?”
·
Menginformasikan tema dan subtema yang akan dibelajarkan pada hari
ini.
|
·
Siswa menjawab salam dari guru.
·
Siswa duduk sesuai perintah guru.
·
Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa (ketua kelas).
·
Siswa menginformasikan kepada guru jika ada teman yang tidak masuk.
·
Siswa bersorak yel-yel kelas bersama-sama.
·
Siswa mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan guru dengan
bahasanya sendiri.
·
Siswa mendengarkan informasi pembelajaran hari ini.
|
15 menit
|
Inti
Penutup
|
Membaca:
·
Mengingatkan kembali materi sebelumnya tentang keragaman budaya dan
suku bangsa sebagai identitas bangsa Indonesia.
·
Memperlihatkan media keragaman agama di Indonesia
·
Melakukan tanya jawab ”berapa jumlah agama yang diakui di
Indonesia?”siapa diantara kalian yang beragama Islam?Kristen?Katolik?Hindu? budha?Konghucu?”bagaimana
sikap kalian terhadap teman yang berbeda agama?”
·
Mengintruksikan siswa untuk bertukar informasi dengan teman sebangku tentang
pengalaman mereka saat berinteraksi teman yang berbeda agama.
·
Mengajak siswa menyimpulkan bersama-sama tentang pengalaman
berinteraksi dengan teman yang berbeda agama.
Ø Tugas Mandiri:
·
Mengintruksikan siswa untuk membaca berantai teks bacaan pada buku
tema.
·
Mengintruksikan siswa untuk membaca senyap teks yang tersedia dan
menemukan gagasan utama dan gagasan pendukung dari setiap paragraf, kemudian
menuliskan pada diagram yang tersedia.
·
Guru berkeliling memberi
memotivasi setiap siswa dan membimbing siswa jika mengalami kesulitan.
·
Mengintruksikan siswa untuk mengumpulkan tugas mandiri
Mencoba
·
Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya tentang sifat rambat
bunyi.
·
Melakukan tanya jawab”bagaimana kita dapat mengetahui asal sumber
bunyi?”
Ø Tugas Kelompok
·
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Jumlah
kelompok 4-5 orang.
·
Membagikan contoh alat musik tradisional pada masing-masing kelompok.
·
Mengintruksikan siswa melakukan percobaan sederhana untuk membuktikan
asal sumber bunyi hingga sampai ke telinga pendengar
·
Mengintruksikan siswa menulis setiap percobaan sumber bunyi pada
lembar laporan yang tersedia.
·
Guru berkeliling dan memotivasi
setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya.
·
Mengintruksikan siswa untuk mengumpulkan hasil laporan percobaan
·
Memberikan penguatan tentang proses terjadinya sumber bunyi dan
memotivasi siswa untuk menuliskan pengalamannya tentang gangguan indra
pendengarannya
·
Memfasilitasi siswa untuk menceritakan
pengalamanya di depan kelas.
Berdiskusi
·
Mengingatkan kembali tentang keragaman agama dan sikap toleransi yang
menjadi identitas bangsa Indonsia
·
Mengintruksikan siswa untuk mendiskusikan sikap yang dapat ditauladani
dari teks tentang sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda
agama.
·
Guru berkeliling dan memotivasi
setiap siswa untuk aktif mengeluarkan pendapatnya.
·
Memfasilitasi siswa menyampaikan pendapatnya tentang sikap yang dapat
ditauladani dari teks.
·
Membarikan penguatan tentang pentingnya mempraktikkan sikap toleransi
dan kerja sama antar teman yang berbeda agama.
·
Mengintruksikan siswa menjawab pertanyaan tentang pentingnya
mempraktikkan sikap toleransi dan kerja sama antar teman yang berbeda agama
dirumah.
·
Memberikan penghargaan kepada kelompok terbaik dan berdasarkan
perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual.
·
Memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran hari ini.
·
Guru melengkapi kesimpulan
siswa
·
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin membaca do’a.
·
Guru mengucapkan salam.
|
·
Siswa bersama-sama mengulas sedikit materi sebelumnya menggunakan
bahasanya sendiri.
·
Siswa mengamati media keragaman agama di Indonesia
·
Siswa mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan dari guru
menggunakan bahasanya sendiri.
·
Siswa saling bertukar informasi tentang pengalamanya saat berinteraksi
dengan teman yang berbeda agama.
·
Siswa bersama guru menyimpulkan pengalamannya berinteraksi dengan
teman yang berbeda agama.
·
Siswa membaca teks bacaan pada buku tema secara berantai.
·
Siswa membaca senyap teks yang tersedia dan menuliskan gagasan utama
dan pendukung pada diagram yang sudah tersedia.
·
Siswa mengerjakan mandiri dan menanyakan kepada guru jika mengalami
kesulitan.
·
Siswa mengumpulkan tugas mandiri secara kolektif.
·
Siswa bersama-sama mengulas sedikit materi sebelumnya menggunakan
bahasanya sendiri.
·
Siswa mengacungkan tangan dan menjawab pertanyaan dari guru
menggunakan bahasanya sendiri.
·
Siswa berkumpul dengan kelompoknya masing-masing.
·
Setiap kelompok mendapatkan contoh alat musik tradisional
·
Siswa bersama kelompoknya melakukan percobaan sederhana berdasarkan
intruksi dari buku.
·
Siswa menuliskan setiap percobaan sumber bunyi pada lembar laporan
yang tersedia.
·
Siswa berdiskusi secara aktif dengan kelompoknya masing-masing
·
Siswa mengumpulkan hasil laporan secara kolektif.
·
Siswa menceritakan pengalamannya tentang gangguan indra pendengarannya
menggunakan bahasanya sendiri.
·
Perwakilan siswa maju kedepan dan menceritakan pengalamanya tentang
gangguan indra pendengarannya.
·
Siswa bersama-sama mengulas sedikit materi sebelumnya menggunakan
bahasanya sendiri.
·
Siswa berkumpul dengan kelompoknya dan mendiskusikan teks bacaan dari
buku.
·
Siswa berdiskusi secara aktif dengan kelompoknya masing-masing.
·
Perwakilan kelompok maju kedepan menyampaikan pendapatnya tentang
sikap yang dapt ditauladani dari teks.
·
Siswa mendengarkan informasi dari guru dan menanyakan jika ada materi
yang belum paham.
·
Siswa mengerjakan perkerjaan rumah yang diberikan guru dan
mengumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·
Kelompok dan individu dengan perolehan nilai terbaik mendapat
penghargaan dari guru
·
Siswa menyampaikan pendapatnya menggunakan bahasanya sendiri
·
Siswa mendengarkan informasi
dari guru
·
Siswa membaca do’a bersama-sama.
·
Siswa menjawab salam dari guru.
|
80 menit
10 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu
Kurikulum, Jakarta: (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
·
Buku Siswa Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
·
Poster kebudayaan agama.
·
Alat musik
tradisional.
I.
PENILAIAN
1.
Diskusi

Catatan : Centang (√) pada
bagian yang memenuhi kriteria.

2.
Bahasa Indonesia

Catatan : Centang (√) pada bagian
yang memenuhi kriteria.

3.
IPS.

Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

4.
IPA

Catatan :
Centang (√) pada bagian yang memenuhi kriteria.

5. Sikap
Sikap
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
Teliti
|
|
|
√
|
|
|
Bertanggung Jawab
|
|
√
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Skor 1 : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin belum terlihat
Skor 2 : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin mulai terlihat
Skor 3 : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin mulai berkembang
Skor 4 : Jika aspek teliti/bertanggung jawab/disiplin membudaya
J.
LAMPIRAN
SOL EVALUASI
I.
Berilah tanda (x) padajawaban yang benar !
1.
Cara menghargai keragaman agama yang ada
adalah dengan cara . . .
a.
pura-pura tidak tau
b.
mengikuti ibadah agama orang lain
c.
mengotori tempat ibadah orang lain
d.
tidak gaduh jika ada orang lain yang
beribadah
2. Kemungkinan yang akan terjadi
apabila kita tidak memiliki sikap toleransi beragama adalah . . .
a. Terjadi perdamaian
b. Perselisihan antar agama
c. Kesejahteraan bangsa
d. Persahabatan antar agama
3. Berikut ini yang bukan merupakan
hal-hal yang dapat memupuk kerjasama adalah…
a. peran dan tanggung jawab yang
jelas
b. ingin berbagi ide dan pikiran
c. berburuk sangka kepada orang lain
d. keinginan untuk mencapai tujuan
4. Sikap yang harus dikembangkan
dalam mewujudkan persatuan dalam keragaman adalah ….
a. menghapuskan semua perbedaan
b. memandang rendah suku dan budaya lain
c. menganggap suku dan budaya
sendiri sebagai yang paling baik
d. menerima keragaman suku dan budaya sebagai
kekayaan bangsa
5. Fungsi daun telinga adalah . . .
.
a. Menangkap bunyi
b. Menyerap bunyi
c. Memantulkan cahaya
d. Menyerap cahaya
6. cara merawat telinga yang benar
adalah . . .
a. Mendengarkan suara keras
b. Memasukkan kacang hijau ke dalam
telinga
c. Menggorek daun telinga dengan
kapas.
d. Semua
benar
II.
Jawablah pertanyaan dibawah ini !
Bacaan
no 36-38
Dinda anak kelas V SD, ia sangat
menyukai pelajaran IPA. Hari Senin kemarin ada pelajaran IPA yang menjelaskan
tentang ciri-ciri makhluk hidup. Dinda mendengarkan dengan seksama pelajaran
yang ia senangi. Pada saat itu Ibu guru memberikan tugas kelompok berisi dua
anak. Sheila berkelompok dengan Dinda. Setiap kelompok bertugas menanam biji
kacang. Biji ditanam di dalam kaleng. Kaleng diisi dengan tanah basah. Biji
kacang akan tumbuh menjadi tanaman. Setiap hari anak mengukur tinggi tanaman.
Ibu guru berpesan agar anak-anak bekerja sama. Dengan bekerja sama tugas
menjadi ringan.
36.Apa
pesan Ibu guru dalam cerita di atas . .
37.Gagasan pokok paragraf pertama adalah…
38.Gagasan pendukung paragraf pertama adalah . . .
37.Gagasan pokok paragraf pertama adalah…
38.Gagasan pendukung paragraf pertama adalah . . .
Komentar
Posting Komentar